Thursday, October 23, 2008

Tugas masyarakat Islam terhadap akhlak

Sesungguhnya tugas masyarakat Islam terhadap akhlaq adalah sebagaimana tugasnya terhadap aqidah, pemikiran dan ibadah. Tugas (peranan) mereka terhadap akhlaq ada tiga hal, yakni Taujih (mengarahkan), Tatshit (memperkuat), dan Himaayah (memelihara).
Taujih atau pengarahan itu boleh dilakukan dengan penyebaran risalah, propaganda di pelbagai mass media, pembekalan, da'wah dan irsyad (menunjuki jalan yang lurus).
Adapun Tatshit (memperkuat) itu dilakukan dengan pendidikan yang sangat panjang waktunya, dan dengan tarbiyah yang mengakar dan mendalam dalam peringkat rumahtangga, sekolah dan universiti.
Sedangkan Himaayah itu boleh dilakukan dengan dua hal berikut:
1. Dengan pengendalian pandangan umum secara aktif, dengan selalu beramar ma'ruf dan nahi munkar serta membenci kerosakan dan menolak penyimpangan.
2. Dengan hukum atau undang-undang yang melarang kerosakan sebelum terjadinya dan pemberian sanksi setelah terjadinya. Hal itu untuk menakut-nakutkan (tarhib) orang yang hendak menyeleweng dan mendidik orang yang merosak serta membersihkan iklim berjamaah dari masalah moral.
Dengan tiga hal ini, yaitu taujih, tatsbit dan himaayah maka akhlaq Islam akan tumbuh, berkembang dan berjalan dalam kehidupan sosial seperti berjalannya air yang mengandungi zat makanan di dalam batang pohon sampai ke daun-daunnya...

No comments: